Rabu, 16 Desember 2015

Atom






            PENJELASAN SINGKAT MENGENAI ATOM DAN CARA PENULISAN LAMBANGNYA




         Gambar Sederhana dari Atom

Sebelum saya menjelaskan lebih dalam mengenai atom saya akan menerangkan sedikit bahwa atom terdiri dari proton yang memiliki muatan positif, elektron yang bermuatan negatif dan neutron yang bermuatan netral. Sejatinya atom dijelaskan secara sederhana yaitu
suatu molekul terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Namun secara kompleks menurut teori para ahli dijelaskan secara rinci tentang apa itu atom? Beberapa tokoh ilmuwan yang mendeskripsikannya adalah :

1. J. Dalton
Atom Dalton
    Yang mendeskripsikan atom sebagai Bola pejal yang merupakan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Atom-atom dapat bergabung dengan perbandingan tertentu membentuk senyawa.











2. J.J. Thomson
Atom Thomson
    Seiring dengan berkembangnya waktu ada lagi teori Thomson yang menumbangkan teori dari Dalton, dia menjelaska bahwa atom itu bagaikan kismis pada roti(di mana roti adalah sebagai atom dan kismis merupakan elektron) ... " Atom adalah bola bermuatan positif yang di tempat tempat tertentu terdapat elektron yang bermuatan negatif seperti kismis dalam sebuah roti"







3. Ernest Rutherford

atom rutherford
   Atom adalah bola yang ditengahnya terdapat inti yang termasuk muatan positif & elektron berputar mengelilinginya.











4. Niels Bohr
atom niels bohr
    Atom terdiri dari inti yang merupakan pusat muatan positif dan elektron mengelilinginya melalui orbit tertentu. Yang dimaksud orbit adalah kulit atom. dan selama elektron mengelilingi inti ia tidak memancarka energi.














Cara penulisan lambang atom :



Gambar di samping merupakan penulisan lambang atom.

Keterangan : X = lambang unsur
                     A  = No. massa
                     Z  = No. atom



Lambang unsur biasanya penulisannya diambil dengan huruf depan dari unsur tertentu misal : Oxygen = O Hydrogen= H. Namun tidak semua menggunakan huruf depannya misal Helium= He jadi untuk lambang unsur harus menghafal terlebih dahulu.
Untuk penempatan no. Atom dan nomor Massa, perlu diketahui jika no. Massa tidak selalu di atas dan no. atom tidak selalu di bawah seperti pada gambar. Jadi untuk mengetahui yang mana no. atom dan yang mana no. massa pada penulisan lambang atom seperti di bawah ini
Kalian hanya perlu mengingat bahwa no. massa lebih besar angkanya dibandingkan dengan no. atom sehingga dapat diketahui pada gambar di atas No. atom = 2 dan No. Massanya = 4. No. atom juga menunjukkan jumlah elektron dan proton. sehingga jika dari gambar di atas No. atom adalah 2, maka dapat diketahui bahwa jumlah elektron yang dimiliki unsur He adalah 2.
Sedangkan untuk mencari jumlah neutronnya hanya perlu mengurangkan antara no. massa dan no. atom. Misal pada gambar di atas maka jumlah neutronnya adalah 4 - 2 = 2, yang mana "4" diambil dari No. massa da "2" diambil dari no. atom.


Demikianlah penjelasan singkat dari saya mengenai pengertian atom dan cara penulisan lambang atom. Semoga bermanfaat ya guys ...
Sampai jumpa

Tolong kritik dan sarannya biar saya tau apa kekurangan saya.
Sekian terima kasih Wassalamualaikum.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar